Monday, October 15, 2012

1 UKIRAN PLASTIK KOMATEX


Ukiran Plastik Dari Komatex Pada Bakcground Front Desk Hotel di Jakarta

UKIRAN DARI PLASTIK?

Pasti kita semua berpikir bahwa plastik tidak mungkin untuk diukir atau dipahat seperti kayu. Saatnya saya memperkenalkan anda pada media ukir yang baru yang terbuat dari plastik, yaitu Komatex. Komatex merupakan plastik PVC foam board buatan Kommerling (Jerman). Plastik PVC foam board ini diproduksi khusus untuk berbagai aplikasi pada media advertising. Salah satunya adalah sebagai pengganti kayu untuk media ukir.

Masalah yang saat ini dihadapi oleh para pengrajin kayu, terutama pembuat ukiran kayu adalah kayu berkualitas sebagai media ukir susah untuk didapatkan, terutama berkaitan dengan isu pelestarian lingkungan yaitu mngurangi penebangan hutan. Komatex hadir sebagai solusi yang tepat .
Ukiran Plastik dari Komatex Sebelum Pengecatan dan Pemasangan

Salah satu pembuat ukiran terkenal di Jakarta yaitu Bapak Syahril, mengakui bahwa Komatex sangat berguna sekali, karena Beliau tidak perlu bersusah payah untuk mencari kayu yang bagus sebagai media ukirannya. Dimana saat pertama kali Beliau menggunakan Komatex, beliau tidak percaya bahwa plastik itu bisa di ukir, dmana hasil ukirannya tidak kalah dengan hasil ukiran dari kayu. Proses pengerjaan ukirannya juga tidak rumit, hanya menggunakan alat-alat ukir yang sama dengan alat ukir kayu.

Keunggulan lain Komatex menurut beliau adalah, plastik ini mempunyai karakteristik pengerjaan dasar yang hampir sama  dengan kayu, yaitu bisa dipaku, digergaji, dicat, dan dipahat. Selain itu, proses pemasangannya juga lebih gampang karena Komatex lebih ringan daripada kayu.

Detil Ukiran Komatex
Dengan segala keunggulan Komatex tersebut, saat ini sudah banyak pengusaha ukiran (pengrajin kayu) yang beralih menggunakan Komatex sebagai pengganti kayu.

1 comments:

 

DUNIA PLASTIK Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates